tes header

biaya suntik sumur jogja

Rabu, 14 April 2021
biaya suntik sumur jogja

MENGENAL CIRI-CIRI AIR SUMUR YANG BERKUALITAS, JENIS-JENIS SUMUR DAN BIAYA SUNTIK SUMUR JOGJA

Sumur merupakan sumber air buatan yang dibuat dengan menggali tanah sehingga terbentuklah sebuah lubang yang nantinya menjadi sumber air. Air sumur adalah salah satu sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Penggunaan air sumur ini sangat beragam, mulai dari kepentingan sanitasi hingga untuk air minum. Untuk itu, kualitas air sumur perlu diperhatikan karena sekalipun termasuk air bersih, kualitas air sumur juga bisa tercemar karena berbagai faktor. Jika kondisi air sumur buruk, maka hal ini bisa menjadi salah satu faktor bersarangnya bakteri sehingga bisa menyebabkan penyakit, seperti diare, dll.

Ciri-ciri air sumur yang baik

Kualitas air tanah harus baik jika memang air tersebut untuk digunakan dalam kehidupan sehari. Berikut adalah ciri-ciri air tanah yang baik dan berkualitas sehingga keberadaannya bisa dimanfaatkan;

Air jernih

Indikator g jenri  yaitu sumur tersebut memiliki air yang jernih. Jika air keruh, maka bisa dipastikan bahwa air sumur tersebut sudah terkontaminasi lumpur dan sudah tidak layak untuk digunakan, utamanya jika untuk diminum. Walaupun demikian, air yang tampak jernih juga belum tentu layak digunakan, namun kejernihan air bisa menjadi patokan utama untuk menilai kualitas air tanah.

Tidak berwarna

Selain tampak keruh, ada juga air tanah yang berwarna kuning atau hijau. Warna air tanah tentunya dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalam tanah tersebut. Untuk lebih mudah mendeteksinya, anda bisa menaruh jarum atau batu di dasar bak penampungan. Jika batu atau jarum tersebut tidak bisa dilihat dari atas, maka air tersebut tidak layak pakai.

Rasa Tawar

Indikator selanjutnya yaitu air tanah tersebut memiliki rasa yang tawar. Dalam hal ini, anda bisa mencicipi rasanya sedikit. Layaknya air minum pada umumnya, air tanah yang bagus dan baik memiliki rasa tawar. Jika saat dicicipi, rasa air tersebut aneh, maka kemungkinan air tersebut tercemar dan sangat berbahaya jika digunakan.

Memiliki pH netral

Air tanah yang akan digunakan hendaknya memiliki pH netral yaitu antara 6,8 – 7,2 untuk bak penampungan yang berukuran kecil. pH 6,5 – 7,5 untuk bak penampungan yang berukuran besar. Air tanah yang memiliki pH atau derajat keasaman tinggi atau rendah bisa berbahaya terhadap kesehatan. Untuk itu, sebelum digunakan, anda harus pastikan bahwa air tanah di rumah anda memiliki pH netral.

Bebas dari zat kimia berbahaya

Saat ini pencemaran zat kimia bisa dengan mudah terjadi, utamanya bagi anda yang tinggal di daerah industri juga perkotaan. Hal ini sebabkan oleh limbah pabrik yang dibuang sembarangan tanpa ada pengolahan limbah lebih lanjut. Air yang sudah tercemar oleh zat kimia sangat berbahaya jika digunakan. Untuk memastikannya, anda bisa menggunakan water test kit. Anda bisa membeli alat ini di pasaran.

Tidak mengandung bakteri berbahaya

Air tanah yang sudah tercemar dan terkontaminasi bakteri wajib dihindari karena bisa memicu terjadinya beragam penyakit. Salah satu bakteri yang biasanya mencemari yaitu bakteri E.Coli. Bakteri ini dapat menyebabkan beragam penyakit seperti; tifus, kolera, hepatitis, dan diare. Kondisi air tanah yang tercemar dengan bakteri E.Coli biasanya disebabkan oleh saluran air yang terlalu dekat dengan saluran pembuangan kotoran.

Tingkat kesedahan rendah

Kesedahan adalah tingkat kandungan logam berat, seperti; magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Besi (Fe), Mangan (Mn) yang terdapat pada air. Air tanah dapat dikatakan baik jika memiliki tingkat kesedahan yang rendah. Untuk mendeteksi hal ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan mencampurkan sabun dan air. Jika air sulit untuk berbusa saat dicampur sabun, maka dapat dipastikan tingkat kesedahannya tinggi. Cara lain untuk mendeteksinya yaitu melalui aroma air tanah. Air yang mengandung zat besi yang tinggi biasanya beraroma anyir.

Itulah beberapa kategori air tanah yang baik dan dapat digunakan untuk kepentingan sehari-hari. 

Jenis-Jenis sumur

Setelah mengetahui apa saja kategori air tanah yang baik. Selanjutnya yaitu mengenal jenis-jenis sumur. Seperti yang kita ketahui bahwa sumur adalah tempat penampungan air. Zaman dahulu hanya terdapat satu jenis sumur yang biasanya oleh masyarakat Indonesia. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, jenis sumur menjadi semakin banyak. Cara kerjanya pun berbeda-beda dari tiap jenis sumur tersebut. Apa saja jenis sumur? berikut penjelasannya;

Sumur Bor

Sumur bor ini banyak ditemukan didaerah metropolitan. Jenis sumur ini biasanya digunakan untuk bangunan yang berskala besar, seperti; kantor, sekolah, hotel, rumah makan, dan yang lainnya. Untuk membuar sumur bor ini perlu dilakukan pengeboran dengan mesin canggih. Kedalaman sumur mencapai 100-150 meter. Meskipun demikian, kedalaman sumur bor ini tergantung pada kapasitas air juga kondisi geologis bangunan. Ada bahkan yang hanya membutuhkan galian sumur bor dengan kedalaman 30 meter, dan ada juga yang membutuhkan sumur bor sedalam 200 meter. Keunggulan dari sumur bor ini adalah prosesnya lebih cepat dan memiliki tingkat kegagalan yang lebih kecil.

Sumur Artesis

Sumur artesis termasuk jenis sumur modern yang dibuat dengan peralatan canggih. Mesin yang digunakan untuk membangun sumur ini dapat menembus lapisan tanah dengan sempurna yang sulit dilakukan secara manual. Kedalaman sumur mencapai 250 meter tergantung dari kapasitas air yang dibutuhkan. Sumur jenis ini biasanya dibangun di tengah kompleks sehingga dapat dijadikan sumber air bersih di daerah setempat. Cara kerja sumur tidak membutuhkan pompa agar air bisa naik ke permukaan karena tekanan air sudah tinggi. Untuk memiliki sumur jenis ini tentu tidak murah dan harus dilakukan oleh tenaga profesional.

Sumur resapan

Jenis sumur lainnya yaitu sumur resapan. Sumur ini berfungsi untuk menampung air hujan yang turun ke dalam tanah. Cara membuat sumur jenis ini pun sama seperti membuat sumur galian yaitu dengan cara manual. Umumnya, sumur jenis ini dibangun di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Manfaat sumur ini banyak sekali yaitu untuk meresap air hujan dengan baik sehingga banjir dan genangan air tidak terjadi. Manfaat lainnya dapat menyuburkan tanah, mencegah longsor dan mengurangi sedimentasi.

Sumur pompa

Sumur pompa ini adalah jenis sumur yang ekonomis. Cara membuatnya yaitu dengan mengebor lapisan tanah hingga mencapai lapisan sumber air. Jadi, kedalaman sumur  beragam tergantung lokasi. Untuk menaikkan air ke permukaan menggunakan pipa hisap yang kemudian disambung dengan pompa air manual di bagian ujung atas. Agair air  bisa keluar, tuas pompa sehingga harus dikayuh. Kelebihan dari sumur jenis ini yaitu; pompa yang digunakan ramping  sehingga tidak memerlukan lahan yang luas di pekarangan anda. Sumur ini juga tidak membutuhkan listrik dan biasanya banyak digunakan di daerah pedesaan.

Sumur galian

Sumur ini adalah jenis sumur yang sudah ada sejak lama. Seperti namanya, sumur ini dibangun dengan proses menggali secara manual. Kedalaman sumur kurang lebih 10 meter atau bisa disesuaikan dengan lokasi. Sumur galian ini bisa menghasilkan air dengan cara menarik air tanah yang dangkal. Kelemahan sumur jenis ini yaitu airnya yang rentan terkontaminasi.

Itulah beberapa jenis sumur yang perlu anda ketahui. Selanjutnya, anda akan mengenal apa itu suntik sumur. Hal ini dapat anda baca pada penjelasan berikut.

Apa itu suntik sumur?

Suntik sumur adalah istilah yang biasanya gunakan untuk memperdalam sumur yg dilakukan dengan cara mengebornya. Hal ini bertujuan untuk mencapai titik sumber air yang bagus, tidak berbau, tidak berwarna, dan melimpah. Dengan demikian, kualitas air bersih bisa didapatkan. Selain untuk mencapai tujuan tersebut, suntik sumur ini dilakukan untuk lebih menghemat biaya dan memperbaiki sir sumur tanpa harus membuat sumur yang baru lagi.

Prosedur pembuatan sumur suntik

Berikut adalah prosedur dalam pembuatan sumur suntik.dari kami jasa sumur bor jogja

  1. Mempersiapkan semua alat-alat yang dibutuhkan, di dekat lokasi sumur timba ataupun konvensional yang akan dilakukan suntik.
  2. Melakukan pengecekan bahan bakar water pump.
  3. Melakukan pemasangan selang sedot water pump, bagian ujung yang satu dipasang filter dan masukkan ke sumber air.
  4. Melakukan pemasangan selang pembuangan yang berasal dari water pump. Caranya di bagian ujung yang satu di pasang ke drill pipe, ikat erat dengan tali agar tidak terlepas.
  5. Memasukkan drill pipe ke sumur yang akan dilakukan suntik.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan suntik sumur

Untuk melakukan proses suntik sumur tidak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan proses tersebut. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Adanya tukang yang profesional  

Kunci utama dalam keberhasilan sumur suntik yaitu tukang yang profesional dan berpengalaman. Mereka itu yang akan mengerjakan segala proses suntik sumur sehingga keberhasilan ada di tangan mereka.

Lokasi atau daerah

Lokasi juga menentukan keberhasilan suntik sumur. Jika daerah berbatu, tentu hal ini akan menjadi kendala tersendiri karena dalam mengerjakan suntik sumur ini masih dilakukan secara manual.

Sumur gali masih dalam keadaan kokoh

Tehnik suntik sumur ini harus dilakukan dengan turun langsung ke sumur yang paling dasar. tanah Jika sumur tidak kokoh, maka hal ini akan berisiko akan terjadi runtuhnya bebatuan atau tanah di sekitarnya. Maka dari itu, sangat  dianjurkan untuk ekstra hati-hati demi menjaga keselamatan anda.

Memilih ukuran serta kualitas PVC yang tepat

Dalam melakukan suntik sumur, ukuran pipa tidak berpengaruh terhadap debit air. Untuk ukuran pipa, sebaiknya dipilih yang berukuran lebih kecil karena akan lebih mudah dalam pengerjaannya, terlebih anda mengerjakannya di daerah yang berbatu. Sementara itu, untuk kualitas pipa PVC sebaiknya tetap dipilih yang terbaik, paling tidak tebal dan juga elastis.

Lapisan tanah bagus

Lapisan dasar sumur yang akan menjadi sumber mata air haruslah bagus dan tepat. Hal ini ditandai dengan ciri tanah berpadas, berpasir, juga berbatu kecil. Keadaan tanah yang demikian biasanya akan menghasilkan sumber mata air yang bagus.

Biaya suntik sumur Jogja

Setelah mengetahui beberapa faktor keberhasilan suntik sumur di atas, dapat disimpulkan bahwa pekerjaan ini tidaklah mudah. Dibutuhkan seorang yang profesional agar proses pengerjaan berjalan sesuai keinginan. Bagi anda yang ada di daerah Jogja dan membutuhkan jasa suntik sumur, biaya suntik sumur Jogja sangat beragam. Biaya biasanya didasarkan pada tingkat kesulitan juga ukuran pipa PVC yang dipakai.

-        Untuk yang memakai pipa PVC berukuran 2,5 - 3 inch kurang lebih seharga mulai dari Rp. 300.000 per meter.

-        Untuk yang menggunakan pipa PVC berukuran 4 inch call.

Ada juga dengan sistem borong, dalam hal ini anda bisa langsung menghubungi pihak terkait. Biaya suntik sumur Jogja di atas hanya kisaran saja, harga bisa berubah kapan saja sesuai kondisi dan medan pengerjaan. ahli sumur bor jogja dari kami juga melayani sedot wc ,saluran mampet, service pompa air ,penangkal petirdan jasa geolistrik jogja dan jawa tengah.

Info Terbaru

TELEPON

Ahli Sumur Jogja

TELEPON :

WA  : 085-1001-96741

TLP : 085100196741

Lokasi Google maps Klik disini

Partner

Sosial Media

Statistik

Pengunjung Hari ini : 22 | Total : 82164 | Hits hari ini : 82 | Total Hits : 195109 | Pengunjung Online : 1