tes header

Tukang sumur Sleman

Rabu, 29 Juni 2022
Tukang sumur Sleman

3 Jenis Sumur yang Memiliki Air Kualitas Super, Intip Jasa Pembuatan dan Harganya

Tidak semua rumah yang berada di perkotaan memiliki akses air PAM, padahal air merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat. Selain itu, air bersih juga sangat sulit didapatkan di daerah perkotaan yang identik dengan padatnya penduduk dan banyaknya operasi industry.

Krisis air bersih ini salah satunya juga dirasakan oleh kota metropolitan Yogyakarta, lantaran selama beberapa tahun terakhir permukaan air tanah menurun. Diketahui penyebabnya karena pembangunan hotel-hotel yang luar biasanya banyak.

Nah agar kebutuhan primer Anda terpenuhi sepanjang waktu dan tidak kesulitan air bersih, maka harus membangun sumur. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membuat sumur, ketahui dulu jenis-jenis sumur seperti apa sih yang cocok ada di daerah Yogyakarta?

  1. Sumur Bor

Jenis sumur bor kebanyakan bisa ditemukan di daerah perkotaan atau metropolitan, sumur jenis ini memanfaatkan alat berat agar bisa menembus berbagai jenis batuan yang ada di dalam tanah. Menurut tukang sumur Sleman walaupun kedalaman sumur bisa mencapai 100 hingga 150 meter, namun hal ini tergantung dengan kapasitas air dan kondisi geologis. 

Menariknya sumur bor memiliki keunggulan tersendiri dari sumur lainnya, seperti prosesnya yang lebih cepat, terhindar dari kontaminasi, banyaknya jumlah air bersih yang bisa ditampung, dan risiko kegagalan yang kecil. Tak hanya itu biaya pembuatan sumur jenis ini dinilai tukang sumur Sleman lebih murah.

  1. Sumur Resapan

Jenis sumur berikutnya, merupakan jenis sumur resapan. Fungsi sumur ini untuk menampung dan meresapkan air hujan ke tanah dengan maksimal. Atau biasa disebut sebagai alat penampung air hujan.

Secara bentuk, sumur resapan ini memiliki kemiripan dengan sumur galian. Namun memiliki cara kerja yang berbeda, yakni sumur ini cenderung untuk menyimpan air hujan yang jatuh dari atas atap atau tempat yang kedap air ke dalam tanah.

Selain itu menurut tukang sumur Sleman, manfaat utama dari sumur resapan ini mampu mencegah timbulnya genangan air saat hujan lebat, yang pastinya juga bisa mencegah erosi dan memperkecil risiko banjir di daerah tersebut.

Mungkin Anda berpikir jika sumur resapan ini airnya dapat tercampur dengan limbah rumah tangga atau limbah industri, tapi hal itu salah besar. lantaran sumur resapan ini dibangun jauh dari parit juga kawasan industri lho. Hal inilah mengapa air di sumur resapan tidak akan tercampur dengan limbah cair rumah tangga. Maka dari itu Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya saat mandi, mencuci mobil ataupun pakaian, dan masih banyak lagi.

Tetapi, jenis-jenis sumur resapan ini juga sangat cocok dibuat di wilayah pedesaan lho. lantaran dapat menjaga kelembaban tanah di sekitar sumur tersebut, dengan ini Anda bisa memfungsikan untuk kegiatan pertanian, maupun perkebunan, dan menanam sayuran di halaman tanpa takut kekurangan air.

Dilihat-lihat dari fungsinya beragam, apakah mahal sih biaya pembuatan sumur resapan ini? Tapi sebelum mengetahui biaya pembuatan sumur, yuk ketahui cara pembuatannya dulu.

Pastinya sebelum membangun sebuah tempat harus mengetahui lahannya ya, karena hal ini bisa menentukan kerja fungsinya. Nah pertama, Anda harus memilih lahan yang datar, tidak curam dan berlereng. Setelah itu jauh-jauh dari tempat penimbunan sampah atau septic tank minimal berjarak lima meter dan satu meter dari pondasi bangunan.

Untuk sumur memiliki bentuk segi empat atau silinder dengan kedalaman 1,5 meter yang berdiameter 80 sampai 100 cm, dan minimal struktur tanah mampu menyerap 2 cm per jam.

Nah setelah memahami cara pembuatan sumur resapan, mari intip biaya pembuatan sumur resapan berikut ini. Untuk tarif jasa pembangunan sumur resapan sekitar 7,2 juta hingga Rp 13,2 juta tergantung jenis sumur resapannya.

  1. Sumur Artesis

Nah yang terakhir ada sumur Artesis, pembangunan sumur ini dibangun dengan menggunakan peralatan canggih. Ya bisa dikatakan peralatannya hampir sama seperti sumur bor.

Sumur artesis mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis-jenis sumur lainnya. Yakni jenis sumur ini bisa keluar sendiri tanpa pompa karena memiliki cukup tekanan air alami pada lapisan aquifer sudah tinggi. Oleh karena itu, jenis sumur ini memiliki kemudahan, seperti tidak perlu memasang pompa hingga repot-repot menggali seperti jenis sumur lainnya.

Jenis sumur ini bisa Anda temukan di tengah perkomplekan, lantaran sumur artesis menjadi sumber utama air bersih setempat. Untuk jenis sumur ini, dibutuhkan lahan yang permukaan tanahnya sedikit mencekung dan memiliki tekstur yang keras, serta susunan batuan di dalamnya. 

Menurut tukang sumur Sleman pembuatan jenis sumur ini harus dilakukan oleh para profesional karena prosesnya yang sulit dan memiliki risiko berbahaya. Diketahui jika salah dalam perhitungan bisa menyebabkan risiko kebocoran dan tingginya luapan air ke permukaan tanah.

Memiliki kedalaman mencapai 250 meter, membuat sumur ini memiliki kelebihan lain daripada jenis-jenis sumur lainnya. Diantaranya, kualitas air lebih jenis dan baik karena pengeboran yang dilakukan jauh lebih dalam yang mengakibatkan terhindar dari bakteri atau polusi, tak hanya cocok untuk dataran rendah, sumur jenis ini juga cocok di dataran tinggi lantaran dapat menembus bebatuan.

Jasa sumur bor jogja dari kami melayani jasa pembuatan sumur dangkal, maupun sumur dalam di jogja maupun di jawa tengah dan sekitarnya dengan biaya berfareasi tergantung lokasi dan kontur tanahnya, maka hubungi kami pada nomor telepon atau bisa WA di 085100196741.dengan lokasi kami Jasa Sumur Bor Jogja Bsj

Info Terbaru

TELEPON

Jasa Sumur Bor Jogja Bsj

Jl.gajah mada no.6 Blawong 1 trimulyo, Jetis Bantul Yogyakarta

TELEPON :

WA  : 085-1001-96741

TLP : 085100196741

Partner

Sosial Media

Statistik

Pengunjung Hari ini : 15 | Total : 97571 | Hits hari ini : 39 | Total Hits : 242076 | Pengunjung Online : 4

WhatsApp