tes header

Jasa Buat Sumur Bor Jogja

Selasa, 23 April 2019
Jasa Buat Sumur Bor Jogja

Jasa Buat Sumur Bor Jogja: Alat-Alat yang Digunakan dan Proses Pembuatannya

Jasa buat sumur bor Jogja merupakan salah satu penyedia jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat. Mengapa? Sebab, melalui jasa ini, air bersih yang dibutuhkan untuk keperluan hidup sehari-hari dapat didapatkan secara gratis. Memang, sebenarnya bisa membuat atau menggali sendiri sumur untuk menemukan mata air di dalam tanah. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan akan sangat lama. Belum lagi risiko adanya gas beracun di dalam tanah yang kita tidak bisa menduganya. Berbeda halnya jika Anda menyewa jasa yang memang mempunyai keahlian di bidang ini. Bukan hanya ahli, mereka juga bisa mengerjakan semua itu dengan sangat cepat karena dibantu berbagai peralatan canggih. Berikut ini beberapa alat yang digunakan untuk membuat sumur bor, sekaligus proses pembuatannya dan informasi lainnya.

# Alat-Alat yang Digunakan

Untuk membuat sumur bor, diperlukan beberapa peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Biasanya, peralatan ini sudah disediakan oleh penyedia jasa pembuatan sumur bor. Beberapa alat tersebut antara lain:

  1. Pipa besi galvanis/peralon pvc berukuran diameter minimal 3 inci dan panjang sesuai kedalaman sumur yang diinginkan konsumen.
  2. Pipa besi horizontal silang empat, yang digunakan sebagai setang bor untuk memutar atau mengunci.
  3. mesin penggerak ,gerbook,/gardan
  4. besi menara
  5. linggis
  6. Mesin untuk menyedot air.
  7. kunci pipa

# Proses Pembuatan Sumur Bor

Setelah semua peralatan tersedia, saatnya melakukan proses pembuatan sumur bor. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Menentukan lokasi yang tepat. Langkah pertama ini harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kondisi tanah, mengetahui posisi mata air dengan tepat, jarak aman dengan aliran pembuangan kotoran, dan sebagainya.
  2. Melakukan penggalian awal dengan cara mencangkul/linggis permukaan tanah hingga sekitar 60 cm. Setelah itu, isi lubang tersebut dengan air agar pemasangan pipa lebih mudah untuk dilakukan.
  3. Memasang mesin penyedot air, kemudian satu lubang dipasang pada selang untuk menyedot dan lubang lainnya dipasangkan ke pipa besi, lalu gunakan untuk mengairi tanah agar lebih mudah dibor.
  4. Masukkan pipa bor ke dalam tanah.
  5. Capit batang pipa bor dengan pipa silang empat atau kunci monyet, kemudian putar dengan satu arah hingga pipa masuk sampai kedalaman yang diinginkan.
  6. Memasang pipa secara berurutan dari yang terbesar hingga terkecil agar tanah tidak mudah ambruk.
  7. Hubungkan pipa yang dari dalam sumur bor ke pompa air dan air sumur sudah bisa dialirkan ke kran.

# Menentukan Kedalaman Sumur Bor yang Bagus

Kualitas air yang bagus tidak dapat ditentukan oleh kedalaman sumur bor yang dibuat. Sebab, setiap wilayah mempunyai geografis yang berbeda, yang pastinya akan mempengaruhi tingkat kedalaman letak sumber mata air tanah.

  1. Kedalaman Sumur Bor untuk Dataran Rendah

Sebenarnya, untuk mendapatkan sumber mata air di dataran rendah cukuplah mudah. Hanya dengan kedalaman 6 – 10 meter saja, air sudah muncul. Hanya saja, meskipun peluang ketersediaannya sangat melimpah, air ini mempunyai kualitas sedang. Sebab, sumber air yang muncul tersebut masih mengandung unsur air resapan yang berasal di lingkungan yang ada di sekitarnya. Ini artinya, jika lingkungan sekitar mempunyai air resapan yang baik, maka kualitas airnya juga akan baik. Sebaliknya, jika air resapan yang ada di sekitar tempat ini kotor, sudah pasti air yang muncul di sumur juga kotor.

  1. Kedalaman Sumur Bor untuk Dataran Tinggi,perkotaan/padat penduduk

Meskipun untuk mendapatkan sumber mata air tanahnya sangat dalam, bahkan bisa mencapai 20-150 meter, namun jika dilihat dari kualitasnya, air di dataran tinggi sangat berkualitas. Hal ini disebabkan mata air yang muncul jauh dari air resapan di dekat permukaan tanah.

Saat ini, sumur-sumur modern yang dibuat dengan teknik bor memang lebih banyak diminati masyarakat. Selain mudah, cepat, dan murah, membuat sumur dengan teknik bor juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Sebab, diameter lubang yang dibuat untuk menarik air dari dalam tanah hanya sebesar diameter pipa yang digunakan. Hal ini pastinya sangat menguntungkan bagi Anda yang bermukim di daerah perkotaan yang padat penduduk dan tidak mempunyai lahan luas untuk membuat sumur. Dengan kata lain, Ahli sumur bor Jogja merupakan solusi paling tepat bagi Anda yang mempunyai kondisi lingkungan seperti ini.

 

Info Terbaru

TELEPON

Tukang Sumur PAK SURYONO

TELEPON :

WA  : 085-1001-96741

TLP : 081229-263-947

JL.GAJAH MADA NO.6 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Partner

Sosial Media

Statistik

Pengunjung Hari ini : 14 | Total : 37458 | Hits hari ini : 17 | Total Hits : 91951 | Pengunjung Online : 1