tes header

Jasa sumur Bor di Tempel Sleman Jogja

Selasa, 18 Februari 2020
Jasa sumur Bor di Tempel Sleman Jogja

JASA SUMUR BOR DI TEMPEL SLEMAN : SEMUA TENTANG SUMUR BOR

Musim kemarau memang sering sekali menyebabkan berbagai masalah dan salah satu contohnya yaitu kekeringan. Kekeringan adalah masalah terbesar yang paling ditakutkan oleh masyarakat ketika musim kemarau. Hal ini dikarenakan musim kemarau dapat membuat sumber mata air menjadi kering. Biasanya, sumber air didapatkan melalui sumur. Apabila sumur kering, maka kehidupan sehari-hari tentunya terhalang, terutama bagi tempat-tempat umum seperti hotel, restoran, kantor, dan yang lainnya. Beberapa waktu lalu, kekeringan sempat melanda kota Jogja tepatnya di Tempel. Hal tersebut tentunya membuat khawatir karena mengingat Jogja adalah tempat wisata yang banyak berdiri tempat umum yang sudah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, jasa sumur bor jogja melayani jasa sumur bor di Tempel Sleman jogja mulai banyak bermunculan. Bagi Anda yang memiliki sumur bor, ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Berikut ini akan membahas segala sesuatu tentang sumur bor.

Apa itu sumur bor?

Sumur bor adalah salah satu jenis sumur yang biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan besar. Hal ini dikarenakan sumur bor dapat mengeluarkan air bersih dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu, proses pengerjaan sumur bor juga lebih cepat jika dibandingkan dengan sumur gali. Hal ini dikarenakan pembuatan sumur bor dibantu dengan menggunakan alat yang sudah sangat canggih. Sedangkan, sumur gali hanya menggunakan alat-alat manual yang sangat sederhana. Pada umumnya, pembuatan sumur bor hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari saja. Disisi lain, pembuatan sumur bor juga tidak memakan banyak tempat. Keuntungan lain sumur bor adalah tidak mudah tercemar limbah. Hal ini dikarenakan pembuatan sumur bor menggunakan susunan pipa PVC atau galvanis sehingga air tidak akan mudah limbah atau kotoran lainnya. Oleh karena itu, kebersihan, kejernihan, dan kesehatan air yang dikeluarkan dari sumur bor lebih terjamin.

Alat-alat yang digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sumur bor dibuat dengan menggunakan mesin yang canggih. Oleh karena itu, pengerjaannya lebih cepat selesai. Hal ini sudah banyak dibuktikan dan salah satunya adalah ketika kekeringan di wilayah Sleman. Para penyedia jasa sumur bor di Tempel Sleman jogja pastinya memiliki peralatan lengkap untuk membuat sumur bor. Berikut ini adalah alat-alat yang digunakan.

  • Mesin Bor

Mesin bor tentunya adalah alat yang paling penting dalam pembuatan sumur bor. Alat ini akan membuat lubang sumur lebih mudah terbentuk karena memiliki kekuatan yang sangat tinggi untuk mengikis tanah hingga menembus kedalaman yang diinginkan. Selain itu, kecepatan mesin ini tidak perlu diragukan lagi. Biasanya alat ini memiliki 4 gigi yang terdiri dari 3 forward dan 1 revese. Keempat gigi ini berfungsi untuk mengontrol tingkat kecepatan rotasi. 3 forward berfungsi untuk perputaran maju dan ke kanan, sedangkan 1 reverse berfungsi untuk perputaran mundur dan ke kiri. 

  • Drill Pipe

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mencapai kedalaman sumur yang diinginkan. Pada umumnya, drill pipe memiliki ukuran sepanjang 1,5 m, 3 m, 6 m, dan 9 m. Semakin dalam drill pipe yang digunakan, maka pengeboran sumur juga akan semakin dalam. Oleh karena itu, apabila ingin memiliki sumur bor yang dalam, maka drill pipe yang dimasukkan juga harus lebih panjang.

  • Matabor

Matabor adalah alat yang digunakan untuk menggilas tanah. Matabor ini akan bekerja apabila mesin bor memutar spindelnya sehingga tanah akan tergerus sedikit demi sedikit.

  • Travelling Block

Travelling block memiliki fungsi untuk mengangkat beban berat seperti drill pipe dan matabor. Posisi travelling block ini berada di bagian paling atas pada rig. Travelling block ini mempunya hook dibagian bawah untuk mengangkat, sedangkan diatasnya terdapat sebuah tempat yang digunakan untuk seling.

  • Menara Bor

Alat ini sangatlah penting untuk travelling block agar dapat dipasang dan dapat digunakan. Untuk membuat pekerjaan bor ini berjalan dengan sangat lancar, maka menara bor harus disesuaikan dengan panjang drill pipe dan juga tingginya mesin bor yang digunakan.

Cara memilih jasa sumur bor yang terbaik

Sebelum membuat sumur bor, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk memilih jasa sumur bor. Inilah tips-tipsnya agar mendapatkan jasa sumur bor terbaik.

  • Mengumpulkan informasi penyedia jasa sumur bor

Untuk mendapatkan jasa sumur bor yang memiliki kualitas tinggi, Anda perlu mengumpulkan banyak informasinya. Informasi tersebut dapat dikumpulkan dari berbagai sumber seperti internet atau pengalaman dari orang-orang yang pernah melakukan pengeboran sumur.

  • Pastikan memiliki legalitas badan usaha

Legalitas badan usaha sangat penting untuk menjaminnya kualitasnya. Selain kualitasnya yang terjamin, badan usaha yang sudah memiliki izin berarti penyedia jasa sumur bor tersebut sudah jelas keamanannya dan sangat terpercaya. Hal ini dikarenakan penyedia jasa sumur bor yang sudah legal telah memenuhi standar operasional prosedur yang sesuai. Selain itu, Anda juga perlu memastikan alamat domisilinya apakah terjangkau dari lokasi pengeboran.

  • Memastikan kualitas para pekerjanya

Selain legalitas badan usaha, memastikan kualitas para pekerjanya sudah sangat penting. Hal ini agar Anda dapat menilai seberapa cepat pekerjaan mereka dan bagaimana dengan hasilnya. Pengecekan ini tentunya bertujuan agar pekerjaan pengeboran sumur Anda dapat berjalan dengan sangat baik dan hasilnya pun sangat memuaskan.

  • Harga yang ditawarkan

Biasanya, harga untuk pengeboran sumur dihitung dari kedalaman per meter yang diminta. Selain itu, terkadang ada juga beberapa penyedia jasa sumur bor yang menawarkan harga borongan yang sudah ditentukan. Untuk mendapatkan harga yang sesuai, Anda perlu mengecek terlebih dahulu hasil yang pernah dikerjakan dari penyedia jasa sumur bor tersebut.

Perkiraan biaya pengeboran sumur

Harga tiap-tiap penyedia jasa sumur bor pasti berbeda-beda. Pada umumnya, jasa sumur bor terbagi menjadi 2 jenis yaitu personal dan borongan. Untuk personal biasanya dipilih untuk pengeboran sumur rumah. Sedangkan, borongan sangat cocok untuk pengeboran sumur dalam industri yang memiliki skala besar. Kedua jenis ini juga dapat mempengaruhi harga pengeboran sumur. Harga borongan sumur mulai dari 10 bahkan hingga mencapai 30 juta rupiah. Harga tersebut untuk kedalaman sumur sehingga 100 meter. Sedangkan, harga untuk kedalaman yang melebihi 100 meter tentunya lebih mahal mencapai Rp200.000.000. Biasanya, kedalaman sumur yang mencapai 100 meter atau lebih ini adalah untuk kebutuhan industri besar seperti hotel, pabrik, kantor, dan lain-lain. Harga pengeboran setiap tahunnya juga berbeda-beda, bisa saja menurun bahkan meningkat. Selain itu, naik turun harga pengeboran juga dapat dipengaruhi kondisi tanah. Terkadang, apabila pengeboran sudah sesuai dengan target kedalaman yang diinginkan, namun bisa saja air masih belum muncul. Oleh karena itu, biasanya harga yang diperkirakan tidak sesuai.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang sumur bor mulai dari pengertian dan manfaatnya, alat-alat yang digunakan, cara memilih penyedia jasa sumur bor yang terbaik, serta perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Bagi para warga terutama yang berada di Jogja tidak perlu khawatir, karena Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum memilih jasa sumur bor di Tempel Sleman jogja yang tepat.


Info Terbaru

TELEPON

Tukang Sumur PAK SURYONO

TELEPON :

WA  : 085-1001-96741

TLP : 085100196741

JL.GAJAH MADA NO.6 BLAWONG, JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Partner

Sosial Media

Statistik

Pengunjung Hari ini : 10 | Total : 53863 | Hits hari ini : 22 | Total Hits : 120986 | Pengunjung Online : 2